Selamat Berkarya!

IB

IBX5A91769239082
KB AL HIDAYAH DEMANGAN = MEMPERSIAPKAN ANAK KE JENJANG PENDIDIKAN YANG LEBIH TINGGI dipersembahkan oleh : Biotek Multi Karya "KAMI SIAP MELAYANI ANDA : FOTO KOPI, CETAK ULEM, DEPOSIT PULSA, PRINT, DEKORASI, RIAS PENGANTIN"

Kisi-Kisi Soal USBN SMK

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengumumkan format Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) terbaru untuk tahun 2018. Pada Tahun Ajaran 2017/ 2018 seluruh mata pelajaran SMK akan dilaksanakan USBN. Komposisi soal ujian 90 persen pilihan ganda dan 10 persen esai. Soal USBN dibuat oleh guru pada satuan pendidikan. Kemudian dikonsolidasikan dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Hasil penyusunan materi USBN jenjang SMK melibatkan para guru yang dikombinasikan dengan 20-25 persen soal yang disiapkan oleh pusat atau Kemendikbud.
Naskah soal yang disusun mengacu pada Standar dan kisi-kisi yang telah ditetapkan oleh BSNP. Selanjutnya, soal diperiksa dan disusun bersama oleh MGMP, di bawah koordinasi Dinas Pendidikan. Diharapkan melalui penggunaan metode tersebut dapat meningkatkan kompetensi guru dan capaian kompetensi lulusan.


       
     Sebagai contohnya, mata diklat Kewirausahaan yang akan mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional, memuat materi-materi pada kelas X, XI dan XII. Kompetensi yang akan diajarkan antara lain Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha; Menerapkan Jiwa Kepemimpinan; Merencanakan Usaha Kecil; Mempersiapkan Pendirian Usaha; dan Menjalankan Usaha Kecil. Selanjutnya para siswa dapat mempelajari materi-materi di bawah ini :



Materi
Kelas
1.1.1.     Pengertian kewirausahaan
1.1.3.   Keberhasilan dan kegagalan wirausahawan berdasarkan sikap dan perilakunya
X/1

1.1.2.     Sikap dan perilaku kepemimpinan
2.1.3    kegiatan usaha sesuai hakekat  sikap pantang menyerah dan ulet
X/2
3.1.4.pemanfaatan  peluang usaha secara kreatif dan inofatif
XI/1
4.1.1. Petunjuk teknis pengurusan surat izin usaha perusahaan
4.1.7. Menyusun struktur organisasi
4.1.10. Menyusun strategi yang sistimatis untuk menjalankan usaha
XII/1
4.3.1. Mengelola fasilitas bahan
4.3.6. Memasarkan produk dan jasa
XII/2
4.4.1. Struktur kekayaan dan financial
4.4.6. Meyusun rencana pengembangan usaha
XII/2

Untuk lebih memudahkan kalian dalam mempelajari materi kewirausahaan dapat di unduh pada link di bawah ini :



KEWIRAUSAHAAN KTSP                         

0 Comment for "Kisi-Kisi Soal USBN SMK "

Back To Top