Selamat Berkarya!

IB

IBX5A91769239082
KB AL HIDAYAH DEMANGAN = MEMPERSIAPKAN ANAK KE JENJANG PENDIDIKAN YANG LEBIH TINGGI dipersembahkan oleh : Biotek Multi Karya "KAMI SIAP MELAYANI ANDA : FOTO KOPI, CETAK ULEM, DEPOSIT PULSA, PRINT, DEKORASI, RIAS PENGANTIN"

Buku IPA Terapan Kelas XI : Fokus Belajar dari KI dan KD


Sobat IPA sekalian, bagaimana kabarmu? Tidak terasa, di kelas XI ini kita telah memasuki semester genap. Banyak hal telah kalian lalui, seperti Kunjungan industri hingga kegiatan prakerin. Masa depan menantimu, saatnya kita fokus menuntut ilmu.


IPA Terapan sebagai mata diklat peminatan C1 dirancang untuk dicapai melalui proses pembelajaran berbasis penemuan (discovery learning) melalui kegiatan-kegiatan berbentuk tugas (project based learning), dan penyelesaian masalah (problem solving based learning) yang mencakup proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan.


Adapun kompetensi inti dan kompetensi dasar yang dipelajari pada mata diklat IPA Terapan kelas XI antara lain :
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1. Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
1.1  Menunjukkan keimanan sebagai rasa syukur dan keyakinan terhadap kebesaran Sang Pencipta karena menyadari keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya diaturoleh Sang Pencipta
1.2     Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan alam semesta dan semua unsur di dalamnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggungjawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
2.2  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
3.1       Memahami  jenis , besaran, dan peralatan kelistrikan
3.2      Memahami  jenis, sifat-sifat, dan aplikasi cermin dan lensa
3.3   Memahami  tentang reaksi kimia dan faktor yang mempengaruhi kecepatan reaksi kimia
3.4       Mendeskripsikan tentang oksidasi dan reduksi terkait dengan pengertian, sifat-sifat, dan jenis
3.5  Memahami  sistem koloid (emulsi, koloid dan suspensi)
3.6         Mendeskripsikan tentang senyawa organik
3.7         Memahami  jenis dan sifat senyawa alcohol
3.8 Memahami jenis, sifat-sifat, dan komponen karbohidrat
3.9  Mendeskripsikan jenis, sifat-sifat, dan komponen protein
3.10     Memahami jenis, sifat-sifat, dan komponen lemak
3.11    Mendeskripsikan zat kimia di sekitar  (udara dan air)
3.12  Mendeskripsikan jenis, sifat,dan  fungsi berbagai polimer
3.13     Memahami  jenis, sifat-sifat dan kegunaan pigmen
3.14     Mendeskripsikan komponen ekosistem, pencemaran dan dampaknya bagi makhluk hidup
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
4.1     Menghitung besaran dan daya listrik dari peralatan yang digunakan
4.2  Membuat  alat sederhana dengan menggunakan konsep cermin dan lensa
4.3   Menalar kasus-kasus terjadinya reaksi kimia dalam kehidupan dengan menggunakan konsep  reaksi  kimia
4.4     Menalar terjadinya  berbagai peristiwa oksidasi dan reduksi
4.5      Membuat berbagai system koloid (emulsi, koloiddan suspense)
4.6 Memilih senyawa organic berdasarkan  hasil identifikasi sifat-sifatnya
4.7 Menyimpan senyawa alcohol berdasarkan sifat-sifatnya
4.8        Memilih senyawa karbohidrat berdasarkan jenis dan sifat-sifatnya
4.9    Menalar terjadinya peristiwa kerusakan makanan,  susut kain, dan penggunaannya pada kosmetik berdasarkan sifat-sifat protein
4.10    Memilih jenis lemak berdasarkan sifat-sifatnya
4.11 Menalar terjadinya peristiwa sehari-hari terkait dengan  bahan kimia di sekitar
4.12  Memilih bahan polimer berdasarkan hasil identifikasi sifat-sifatnya
4.13    Membuat pigmen dari bahan alami
4.14 Melakukan penanganan limbah yang ada di lingkungan

Kita perlu menelaah KI dan KD yang di atas. Hal itu dapat dilakukan dengan mencari sumber belajar. Pada kesempatan ini, saya mengajak sobat untuk mendownload buku IPA Terapan kelas XI. Selanjutnya silahkan dipelajari :

 BAB 4 BAHAN KIMIA DALAM BAHAN MAKANAN
A. Zat Aditif Makanan dan Manfaatnya
B. Jenis-jenis Zat Aditif Makanan

BAB 5 PENANGANAN LIMBAH
A. Polusi dan Limbah dalam Ekosistem Serta Dampaknya
B. Usaha Penanganan Limbah untuk Mengurangi Pencemaran Lingkungan

Silahkan download buku IPA Terapan kelas XI pada link ini.
Kami harapkan, sobat sekalian untuk mencari literatur lain untuk menccari informasi tentang materi bahan kimia dalam makanan dan penanganan limbah. Selamat Berkarya !


0 Comment for "Buku IPA Terapan Kelas XI : Fokus Belajar dari KI dan KD "

Back To Top